Written by Taryana AS, Created on  Saturday,  September  26 2015 10:00

SMK N 3 kuningan news Dalam rangka Hari Raya Iedul Adha 1437 H yang dikenal dengan Hari Raya “Qurban”, SMK N 3 Kuningan mengadakan pemotongan hewan qurban yaitu 1 ekor sapi, 2 ekor kambing yang pembelian hewan qurban tersebut hasil dari sumbangan sukarela siswa siswi SMK N 3 Kuningan.

Mari kita kembali mengingat tentang sejarah qurban, sebuah kisah yang sangat mengharukan dan penuh makna kehidupan yang bisa menjadi teladan generasi sekarang atau yang akan datang.

Mimpi..., bukan sembarang mimpi yang dialami Nabi Ibrahim AS, dalam mimpinya beliau diperintahkan Alloh SWT untuk menyembelih putra tercintanya Ismail AS, sebagai ayah beliau sangat sedih putra satu-satunya harus disembelih tapi sebagai hamba Alloh SWT beliau harus sami’na wa atho’na, inilah makna kehidupan yang harus kita tiru yaitu Ketaatan pada Alloh SWT harus diutamakan dari pada kecintaan pada dunia.

Lalu apa yang dikatakan Ismail AS ketika ayahnya menceritakan mimpinya?  Alquran mengabadikan jawaban Ismail AS “Hai bapakku! Kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya Allah! Kamu mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar” (QS. Ash-Shâffât, [37]: 102)”, jawaban yang menggetarkan hati dan penuh makna kehidupan yaitu berbakti kepada Alloh SWT dan orangtua dan sabar menjadi hal penting dalam menjalani kehidupan.

Kisah ini tidak berhenti sampai disitu, datanglah godaan dari iblis laknatulloh untuk tidak menyembelih Ismail AS, berbagai argumen dan kebohongan dikatakan iblis untuk mempengaruhi keimanan Nabi Ibrahim AS, namun Nabi Ibrahim AS tidak goyah keimanannya bahkan beliau mengambil batu dan melempar iblis yang terus menggodanya, inilah kisah yang diabadikan ketika umat islam melaksanakan jumroh yaitu melempar batu sebagai simbol mengusir iblis/setan, makna yang bisa diambil dari kisah ini yaitu rintangan dan godaan akan terus ada dalam menjalani kehidupan namun sikap konsisten di jalan yang benar tidak bisa “ditawar” lagi.

Ternyata .... kesabaran berbuah kebahagiaan, Alloh SWT mengganti Ismail AS ketika akan disembelih ayahnya, seperti firman Alloh dalam Alquran  “Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata (bagimu). Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Ash-Shâffât, [37]: 106).

Semoga kisah diatas dijadikan tauladan bagi kita semua, disana ada pengorbanan seorang hamba kepada pencipta Nya, ketaatan pada perintah Alloh SWT, bakti pada orangtua, tidak menuruti nafsu iblis/setan, sabar dalam menjalani ujian dan makna lainnya yang tidak bisa penulis uraikan.

Semoga pula siswa-siswi SMK N 3 Kuningan bisa menjadi generasi yang memegang teguh nilai-nilai keislaman, tidak terpengaruh dengan budaya negatif seperti seks bebas, narkoba, tidak berjilbab (membuka aurat), pacaran dan hal negatif lain yang merupakan dosa yang di murkai Alloh SWT . ...Na’udzubillahi min dzalik...

Copyright © 2015 ICT SMK N 3 Kuningan

Created by SMK Negeri 3 Kuningan Copyright © 2008 - 2014 JoomlaShine.com