Written by Taryana AS, Created on  Saturday,  Oktober 31 2015 10:00

SMK N 3 kuningan newsGuru memiliki posisi strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pencanangan guru sebagai profesi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Desember 2004, memperkuat peran guru dalam pelaksanaan pendidikan. Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen secara eksplisit mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru secara berkelanjutan sebagai aktualisasi dari sebuah profesi pendidik. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dilaksanakan bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat.

Berkaitan dengan program tersebut, pemetaan kompetensi yang secara detail menggambarkan kondisi objektif guru dan merupakan informasi penting bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait dengan materi dan strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Peta guru tersebut dapat diperoleh melalui uji kompetensi guru (UKG).

Sasaran program strategi pencapaian target RPJMN tahun 2015–2019 antara lain adalah meningkatnya kompetensi guru dan tenaga kependidikan dilihat dari Subject Knowledge dan Pedagogical Knowledge yang diharapkan akan berdampak pada kualitas hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk mengukur capaian RPJMN, maka pada tahun 2015 UKG akan dilaksanakan bagi seluruh guru di Indonesia.

Uraian diatas adalah tujuan utama diselenggarakannya UKG 2015 yang penulis kutip dari website http://gtk.kemdikbud.go.id/ dan SMK N 3 Kuningan sebagai salah satu sekolah yang memiliki fasilitas Lab. Komputer dan koneksi internet yang memadai dinilai layak sebagai salah satu Tempat Uji Kompetensi Guru (TUK 2015) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dengan di pandu oleh Bp. Hendra, S.Pd sebagai Operator, pelatihan uji coba UKG yang diselenggarakan Tgl 29 Oktober - 31 Oktober 2015 dengan melibatkan guru-guru SMK N 3 Kuningan alhamdulillah berjalan lancar dan sukses, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan setelah dilakukan evaluasi bersama Disdikpora Kab. Kuningan dan LPMP Propinsi Jawa Barat maka disimpulkan SMK N 3 Kuningan SIAP MENJADI TEMPAT PELAKSANAAN UKG 2015 yang akan diselenggarakan serempak diseluruh Indonesia mulai 09 November - 27 November 2015.

Peserta UKG 2015 di SMK N 3 Kuningan berjumlah sekitar 560 orang guru yang berasal dari sekolah-sekolah yang berada di Kab. Kuningan, dengan pembagian jadwal dan Kartu Peserta UKG akan diberikan oleh Disdikpora Kab. Kuningan beberapa hari sebelum pelaksanaan.

Copyright © 2015 ICT SMK N 3 Kuningan

Created by SMK Negeri 3 Kuningan Copyright © 2008 - 2014 JoomlaShine.com